Cara berkomunikasi dengan baik

Berkomunikasi dan berinteraksi didalam kehidupan sehari hari sangatlah penting untuk menjalin suatu hubungan pertemanan maupun persaudaraan. Dalam berkomunikasi kita juga harus bisa mengucapkan kalimat dengan benar dan tepat, jangan membuat pembicaraan menjadi bertele-tele dan membuat lawan bicara menjadi kebingungan.Dan dari berbagai survey menunjukkan kalau kesuksesan hidup itu berkaitan secara langsung dengan kemampuan berkomunikasi dan keterampilan membina suatu hubungan. 
Hal itu menandakan bahwa tidak peduli seberapa ambisius seseorang atau seberapa tinggi tingkat pedidikan, mereka masih memiliki kemungkinan yang rendah untuk melangkah lebih jauh dalam hidup mereka tanpa kemampuan komunikasi yang efektif yang diperlukan dalam berhubungan dengan orang-orang.
Dibutuhkan keterampilan untuk memperluas hubungan dari lingkaran kecil menuju lingkarang yang besar. keterampilan semacam ini akan mnjamin membuat kita menuju keberhasilan dalam kehidupan kita.

Berikut adalah kemampuan yang diperlukan untuk kita berkomunikasi dengan benar.

1. Beri kesan kalau kamu berantusias berbicara dengan lawan bicaramu
Berikan kesan ke mereka kalau kamu lebih suka berbicara dengan mereka dari pada semua orang didunia ini. Ketika kamu memberika kesan yang antusias saat berbicara dengan lawan bicaramu itu akan menunjukkan kalau kamu peduli dengan lawan bicaramu dan membuat perasannya lebih positif dan percaya diri. Dan itu juga membuat lawan bicara mu menjadi lebh terbuka.

2. Memahami bahasa tubuh dan perasaan meraka
Rasakan bagaimana perasaan mreka pada saat ini dengan mengamati bahasa tubuh dan nada suara mereka. Dengan memahami dari sudut pandang itu kamu dapat menyesuaikan kata-kata,bahasa tubuh dan nada bicaramu sehingga mereka akan merespon mu lebih positif.

3. Bertatapan dengan lawan bicara
Bertatapan dngan lawan bicara sangatlah penting jangan sesekali menundukkan kepala disaat sedang terjadinya komunikasi, jangan berpaling wajah dll. Karna kita bisa dianggap tidak menghargainya pada sat berbicara dengannya sehingga menyebabkan konflik dihati dan dipikiran lawan bicara kita yaang beranggapan bahwa kita sombong

4.Berikan mereka senyuman terbaik
Gunakan kata kata "kami atau kita" untuk segera membangun sebuah ikatan. Bila kamu menggunakan kata-katatersebut, kamu membuatnya tampak seperti kamu dan mereka berada di tim yang sama, sementara orang lain berada di tim yang berbeda.

5.Sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan yang didengar mereka
Nama seseorang adalah salah satu kata yang memiliki emosional yang sangat kuat bagi mereka. Tapi hal itu  belum tentu seberapa sering kamu katakan nama seseorang. Namun lebih pada bagaimana kamu mengatakannya.Ketika kamu menyebutkan nama mereka lebih menyentuh dibanding orang lain yang mereka kenal, mereka akan menemukan bahwa kamulah yang baling berkesan

6. Mengurangi perkataan kasar dengan lawan bicara
Dahulu kala ada seorang pepatah yang berkata "Ucapan adalah sebuah bumerang untuk diri sendiri" entah pepatah itu pernah mengatakannya atau tidak, heheh. Seberapa dekat kita dengan seseorang diharapkan agar tidak terlalu sering menggunakan kata-kata kasar. Karena jika terlalu sering, itu bagaikan pisau yang perlahan membuka kerangka perasaan yang akhirnya menciptakan kebencian sekalipun itu sahabat sendiri. Bagaimanapun juga, gunakanlah aturan-aturan berbahasa yang baik dan sewajarnya.

7. Jangan memotong pembicaraan lawan bicara
Salah satu prilaku yang tidak sopan salah satunya memotong pembicaraan lawan bicara, tentu akan menimbulkan rasa kesal dan marah terlebih lagi jika yang diungkapkannya itu hal yang sangat penting. Bukan lawan bicara saja yang merasa kesal dan marah, kitapun akan merasakan hal yang sama dengan sikap refleks paling tidak ingin menghajarnya dan timbullah perselisihan.

Komentar

Postingan Populer