APLIKASI LINE


1.    PENDAHULUAN

1.1        Latar Belakang
Tanpa disadari, sebagian aktivitas yang dilakukan oleh manusia telah didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi. Contohnya adalah dengan semakin maraknya layanan jejaring sosial yang kita gunakan seperti aplikasi pesan instan yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan yang bersaing ketat.
LINE merupakan sebuah aplikasi instant messaging yang saat ini banyak digunakan oleh semua kalangan. Aplikasi LINE menggunakan sistem nomor telepon seluler penggunanya sebagai basis untuk saling berhubungan.
LINE dapat dijalankan dengan menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di App Store dan Google Play. LINE berbeda dari aplikasi instant messaging lainnya, karena memberikan layanan free call, dapat menampung 100 anggota dalam grup chat dan juga Line memiliki emoticon yang bervariasi (Kompas, 2012).
Naver, perusahaan asal jepang yang mengembangkan aplikasi ini melengkapi LINE dengan beberapa aplikasi tambahan, yakni Line Camera dan Line Card untuk kartu ucapan. Keduanya sudah tersedia untuk iOS dan Android. Pada awal April 2012, Naver memperluas penggunaan Line ke perangkat komputer. Line kini sudah tersedia untuk Mac dan Windows (Kompas, 2012).

1.2        Rumusan Masalah
1.     Apakah itu LINE?
2.     Bagaimana Cara Mendaftar LINE?
3.     Bagaimana cara menggunakan LINE?
4.     Apa saja kelebihan dan kekurangan LINE?

1.3        Batasan Masalah
Penulisan ini dibatasi pada cara pendaftaran, penggunaan, dan juga kelebihan serta kekurangan pada aplikasi LINE.

1.4        Tujuan
Untuk mengetahui apa itu aplikasi LINE, cara penggunaannya serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi tersebut.


2.    PEMBAHASAN

2.1        LINE
LINE adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti smartphone, tablet, dan komputer. LINE difungsikan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, vide, pesan suara dan lain-lain. LINE diklaim sebagai aplikasi pengirim pesan isntan terlaris di 42 negara.
LINE dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama NHN Corporation. LINE pertama kali dirilis pada Juni 2011 dan mulanya hanya dapat digunakan pada sistem iOS dan Android. Setelah sukses pada kedua sistem tersebut LINE masuk dalam sistem operasi besutan BlackBerry. Lalu pada tahun 2012, LINE resmi meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat Mac dan Windows. Kesuksesan LINE sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlihat dari pengguna yang mencapai 101 juta di 230 negara di dunia. LINE menduduki posisi 1 dalam kategori aplikasi gratis di 42 negara, di antaranya Jepang, Taiwan, Spanyol, Rusia, Hong Kong, Thailand Singapura, Malaysia, Macau, Swiss, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan lain-lain. LINE resmi membuka kantor di Indonesia pada pertengahan 2012

2.2        Cara Pendaftaran LINE
Untuk dapat menggunakan LINE, kita diharuskan melewati beberapa tahap seperti berikut:
1.       Mendownload aplikasi dari situs resmi LINE atau melalui application store pada masing-masing platform.
2.       Instal aplikasi yang telah di download.
3.       Setelah instalasi, untuk kode aktivasi ID LINE, akan dikirim SMS melalui nomer handpone.
4.       Selanjutnya kode aktivasi dapat dimasukkan kedalam kolom yang tersedia untuk aktivasi LINE.
5.     LINE segera aktif dan mendata kontak di phonebook yang menggunakan aplikasi LINE dan sekaligus menjadi teman.
6.     Untuk memulai chat dengan teman, klik nama di tab friends.
7.     Kita dapat melakukan pengaturan LINE tab setting sesuai dengan keinginan mulai dari notifikasi, ukuran font, hingga profil. Pengaturan terdiri dari dua, yaitu Basic Setting dan Privacy Setting.
8.     Kita dapat mencari teman dengan menggunakan QR Code atau dengan menggunakan nama ID Pengguna.

2.3        Cara Penggunaan LINE
LINE dapat digunakan pada berbagai platform seperti iOSAndroidWindows PhoneBlackBerry OS bahkan Computer Mac OS X dan Microsoft Windows. LINE hanya dapat digunakan untuk sesama pengguna LINE. Aplikasi dapat di download pada situs resmi LINE, BlackBerry App WorldGoogle PlayApp Store, atau Windows Marketplace .
LINE menggunakan nomor telepon sebagai ID dan dapat membuat ID pengguna untuk memudahkan orang mengundang anda. Anda juga dapat menyembunyikan nomor telepon untuk melindungi privasi anda. LINE menyediakan fitur Blocked List pada tab privacy setting, dan juga menyedikan fitur keamanan password untuk menghindari orang lain membuka dan melihat isi percakapan anda.
·         Koneksi
Koneksi LINE dilakukan dengan menggunakan jaringan internet apapun yang digunakan perangkat host.

·         Nomor HP dan User ID sebagai PIN sunting
LINE menggunakan nomor handphone sebagai teman kontak di LINE. Semua nomor handphone dalam kontak smartphone anda akan langsung menjadi teman anda. Chat dapat dilakukan dengan sesama teman yang menggunakan aplikasi LINE ini. Selain menggunakan nomor, user ID juga disediakan oleh LINE untuk memudahkan pencarian teman LINE anda.

·         Tambah Teman
Untuk menambah teman LINE, selain dengan cara menyimpan nomor handphone teman Anda, penambahan teman dapat dilakukan dengan fitur Shake It. Cara menggunakan fitur ini hanya dengan menggoyangkan smartphone anda dan teman anda dengan jarak yang dekat.

Selanjutnya, menambahkan teman LINE dengan cara mengetikkan user ID teman Anda yang telah dibuatnya. Dengan user ID, anda tidak perlu menambahkan menambahkan teman LINE dengan menyimpan nomor handphone teman Anda.

·         Tampilan
Untuk tampilan LINE, anda dapat mengganti tampilan chat room sesuai dengan selera di anda.

·         Pengaturan
Pada bagian Setting, anda dapat mengatur Basic Setting dan Privacy Setting. Pada Basic Setting anda dapat mengatur notifikasi pesan baru dan undangan masuk group. Notifikasi dapat dipilih berupa Pop-up, suara saja, atau keduanya. Terdapat tiga pilihan ukuran huruf, pilihan kecil, sedang, dan besar. Pada bagian privacy settings, anda dapat menggunakan pseudonim atau nama panggilan untuk ditampilkan pada profil anda.

·         Group Chat
LINE juga menyediakan fitur group chat yang dapat anda buat sendiri. Dengan kapasitas hingga mencapai 200 orang, anda dapat leluasa mengundang teman-teman anda untuk masuk dalam group chat. Melalui group chat anda dapat mengirim pesan secara serentak kepada teman-teman anda yang terdaftar dalam group.

·         Fitur-fitur
LINE menawarkan fitur-fitur unggulan, yaitu:
1.       Sticker, merupakan gambar yang merupakan bagian dari IM smiley. Anda dapat menggunakan sticker pada tab sticker. Terdapat 255 sticker menarik untuk mengekspresikan perbincangan dalam bentuk gambar.
2.       Attachment, anda dapat melampirkan file untuk anda kirim ke teman LINE anda seperti suara, gambar, dll.
3.       Call, dengan sesama pengguna LINE anda dapat menelpon teman LINE anda tanpa bayar karena memanfaatkan jaringan internet.
4.       Dapat menggunakan QR code. anda bisa scan QR code dengan aplikasi ini. QR code ini berfungsi untuk menambah teman di aplikasi LINE ini. Begitu juga sebaliknya.

2.4        Kelebihan dan Kekurangan LINE
·         Kelebihan LINE
1.       Line menyediakan Blocked List sehingga pengguna dapat memblok user ID atau nomor handphone untuk tidak masuk dalam kontak Line pengguna
2.       Merupakan aplikasi lintas platform
3.       Banyak sticker-sticker lucu yang dapat mewakili perasaan pengguna untuk digunakan dalam obrolan

·         Kekurangan LINE
1.        Nomor telp atau ID line kita mudah tersebar.
2.        Hanya bisa menjangkau kota dan masyarakat yang memiliki akses internet.
3.        Saingan sangat banyak.
4.        Belum adanya undang-undang yang mengatur tentang internet marketing sehingga apabila ada masalah tidak bisa menuntut.
5.        Membutuhkan memory besar karena setiap applikasi fitur harus install masing-masing.
6.        Meski gratis,tetapi banyak memakai kuota internet.
7.        Terlalu banyak iklan masuk di chat jika berteman dengan  line official akun.
8.        Lebih banyak sticker dan tema yang berbayar.



3.    PENUTUP

3.1        Kesimpulan
LINE merupakan aplikasi pengirim pesan instan yang saat ini banyak digunakan oleh semua kalangan. LINE juga memiliki banyak kekurangan dan kelebihan. Peran LINE dalam teknologi informasi dan komunikasi secara umum dapat memudahkan sistem komunikasi dengan berbagai fitur yang diberikan dalam penyampaian pesan atau informasi secara canggih, efisien dan lebih cepat.

3.2        Saran
Pada pihak pengembang diharapkan untuk mempertahankan system dan fitur yang sudah bagus dan memperbaiki kekurangan dari system agar menjadi applikasi yang lebih baik lagi kedepannya.

Komentar

Postingan Populer